'SELAMAT DATANG' di blog mkks batu aji. Semoga apa yang kami berikan bisa membuat sobat semua lebih maju dan lebih kreatif dalam segala hal..

2/04/2016

LEMBAR CATATAN FAKTA HASIL PENGAMATAN DAN PEMANTAUAN PROSES PEMBELAJARAN





Lembar ke-1
Nama guru yang dinilai
Cucu Sukmara, S.Pd.
PegID/NUPTK
7261-7476-4920-0023
Penilai
Masturi, S.Pd.Ind.
Tanggal pemantauan
12 Mei 2014
Kelas/Mata pelajaran
IX/a

Catatan fakta sebelum pengamatan :
(Catatan semua hasil diskusi/wawancara sebelum dilakukan di dalam kelas)
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
·         Daftar nilai peserta didik
·         Silabus
·         Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
1.       Guru menjelaskan karakteristik umum kelas yang diajarnya
2.       Guru menjelaskan strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran dan kaitannya dengan tujuan pembelajaran sebelumnya
3.       Guru menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan sesuai dengan usia, kesiapan belajar, tingkat pembelajaran, dan cara belajar peserta didik
4.       Guru menjelaskan alasan yang melatarbelakangi penyusunan rencana kegiatan atau rencana aktivitas dalam RPP
5.       RPP yang disusun Guru sangat sesuai dengan silabus dalam kurikulum sekolah
6.       Guru menjelaskan  kemungkinan akan ada kesulitan dalam membahas topik dalam RPP untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
7.       Guru menjelaskan  strategi guru untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik.
8.       Guru menjelaskancara menentukan tingkat pemahaman peserta didik terhadap topik pembelajaran
9.       Guru menunjukkan kekuatan dan kelemahan belajar peserta didik.
10.   Guru menjelaskan tindakan yang dilakukan untuk mengembangkan kekuatan dan mengatasi kelemahan peserta didik
11.   Guru menjelaskan cara mendorong interaksi aktif antarpeserta didik
12.   Alat penilaian dalam RPP guru sesuai dengan tujuan pembelajaran.
13.   Guru menjelaskan cara memanfaatkan perangkat tersebut untuk merencanakan, memonitor kemajuan dan perkembangan peserta didik dalam pembelajaran
14.   Guru menjelaskan berbagai teknik dan jenis penilaian yang pernah dilakukan.
15.    Materi yang tercakup dalam RPP guru merupakan materi yang tepat dan mutakhir
Tindak lanjut yang diperlukan :
1.       Penilai dan guru yang dinilai sepakat bahwa guru yang dinilai akan mengimplementasikan fakta sebelum pengamatan dalam proses pembelajaran di kelas.
2.       Penilai menyarankan agar dokumen pembelajaran guru menjadi dokumen sekolah.
3.       Penilai meminta guru yang dinilai mendesiminasikan dokumen pembelajaran yang dimilikinya kepada teman sejawat di sekolah




Download Filenya Disini !

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites